Custom Search

[Job-Vacancy] Training : Certified Industrial Relation Professional, 30-31 Mei 2011 (Running)

 

Indonesian IR Program Certification - Examination Certification (Batch 8)
Certified Industrial Relation Professional (CIRP)
Mastering Your Skill & Ability to Build, Deliver & Maintain Corporate Human Resources
Investasi Hanya Rp. 2.500.000, Jakarta, 30-31 Mei 2011

Program Sertifikasi Khusus Industrial Relation di Indonesia (Examination Certification)
Sangat tepat bagi praktisi di perusahaan yang ingin secara cepat / shortcut untuk menguasai bidang Industrial Relation ini.
Pada akhir sesi training akan diadakan ujian tertulis untuk menilai kompetensi dari peserta.

Latar Belakang
Pembaharuan peraturan-peraturan pemerintah mengenai ketenagakerjaan dari waktu ke waktu merupakan wujud komitmen pemerintah untuk terus menyempurnakan aturan-aturan normatif ketenagekerjaan untuk dapat memenuhi rasa keadilan bagi dunia ketenagakerjaan yang didalamnya terdapat pihak pengusaha dan buruh (pekerja). Ketentuan-ketentuan ketenagakerjaan yang dikeluarkan pemerintah bertujuan untuk mengatur kehidupan ketenagakerjaan di Indonesia, akan tetapi pemerintah pula sering mengeluarkan kebijakan aturan normatif yang tidak jelas dan tidak mengatur secara mendetil aturan-aturan tersebut sehingga menimbulkan banyak makna penafsiran oleh pihak pengusaha, hal ini tentu akan banyak menimbulkan konflik antara pengusaha dan tenaga kerja.

Perkembangan Hubungan Industrial dewasa ini ditandai oleh adanya perubahan yang sangat signifikan sebagai dampak globalisasi dan reformasi antara lain meliputi kebebasan berserikat, pelaksanaan HAM, supremasi hukum, otonom daerah sebagai hasil perubahan sistem pemerintahan, penerapan standar ketenagakerjaan internasional, infra struktur dan iklim investasi. Fenomena perubahan ini harus dipahami oleh semua pihak yang berinteraksi dalam hubungan industrial karena perubahan-perubahan yang terjadi pada akhirnya harus diikuti dengan perubahan perilaku dan sikap yang tepat karena menyangkut banyak aspek seperti sosial, budaya, ekonomi, politik dan upaya peningkatan kesejahteraan.

Menghadapi kenyataan ini, para praktisi dituntut untuk lebih sinergis dan cepat beradaptasi dengan kondisi nasional dan lingkungan dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mencapai peningkatan produktivitas perusahaan, perlu adanya ketenangan kerja bagi pekerja/buruh serta ketenangan usaha bagi pengusaha. Hal ini dirasakan bahwa dengan menguasai peraturan ketenagakerjaan secara lengkap, para praktisi SDM diharapkan dapat menerapkannya secara tepat sehingga terjaga keseimbangan pelaksanaan hak dan kewajiban perusahaan maupun pekerja/buruh, serta terlaksananya kebijakan pemerintah yang terkait dengan baik.

Workshop ini ditujukan kepada para praktisi HRD khususnya di bidang Industrial Relation yang memiliki pengalaman dibawah 3 tahun dan disajikan secara singkat, padat dan merinci pokok-pokok hukum ketenagakerjaan yang perlu mendapat perhatian, berawal dari sejak dimulai adanya hubungan kerja, kemudian selama berlangsungnya hubungan kerja, sampai pada saat/setelah berakhirnya hubungan kerja dengan rujukan utamanya adalah peraturan-peraturan ketenagakerjaan yang mengatur hak dan kewajiban para pihak dalam hubungan kerja (perusahaan maupun pekerja/buruh) serta hubungannya dengan SP/SB dan pemerintah dalam bentuk undang-undang Ketenagakerjaan serta ketentuan pelaksanaan dalam bentuk Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Keputusan/Peraturan Menakertrans dan peraturan lainnya yang terkait.

Outline
Pengantar Hukum Ketenagakerjaan, Pemahaman Peraturan Ketenagakerjaan dan Pengenalan Kasus Ketenagakerjaan
1. Pengantar
Pengantar Hukum Ketenagakerjaan; Lingkup Operasional Hukum Ketenagakerjaan; Aspek Hukum Perdata/Hukum Administrasi/Hukum Pidana Dalam Hukum Ketenagakerjaan

2. Hubungan Kerja dan Perjanjian Kerja
Unsur-unsur Hubungan Kerja; Perjanjian Pada Umumnya; Syarat Syahnya Perjanjian Kerja; Kewajiban Para Pihak; Awal dan Berakhirnya Perjanjian Kerja; Bentuk, Isi, Kerangka dan Materi Perjanjian Kerja; Rambu-rambu Penyusunan PKWT/PKWTT; Sanksi Atas Pelanggarannya.

3. Outsourcing
Pemahaman Rambu-rambu Umum Outsourcing Pekerjaan dan Outsourcing Jasa Pekerja Serta Sanksi Atas Pelanggarannya; Pertimbangan Penggunaan OutsourcingPekerjaan/Outsourcing  Pekerja di Perusahaan; Penyusunan Kerangka Perjanjian Pemborongan.

4. Penggunaan TKA
Ketentuan-ketentuan Penggunaan TKA.

5. Perlindungan Cacat, Perlindungan Anak dan Perlindungan Perempuan
Ketentuan Dasar yang Harus Dipedomani; Hak dan Kewajiban Perusahaan, Larangan-larangan dan Syarat-syarat Dalam Mempekerjakannya serta Sanksi Atas Pelanggarannya; Pengenalan Kasus-kasus yang Sering Terjadi.

6. Waktu Kerja
Ketentuan Waktu Kerja/Waktu Istirahat/Kerja Lembur; Waktu Kerja/Waktu Istirahat Pada Daerah Tertentu; Waktu Kerja/Istirahat Untuk Pekerjaan Yang Sifatnya Terus Menerus; Istirahat Panjang Pada Perusahaan Tertentu; Cuti Bersama; Sanksi Atas Pelanggarannya.

7. Keselamatan & Kesehatan Kerja
Ketentuan K3; Sanksi Atas Pelanggarannya; dll.

8.  Pengupahan
Ketentuan-ketentuan Pokok Pengupahan : Hak Menerima Upah; Upah Minimum/Penangguhan; Struktur Skala Upah; Asas "No Work No Pay"/Pengecualiannya; Upah Pokok/Tunjangan Tetap/ Tujangan Tidak Tetap; Pemgenaan Denda Terhadap Pekerja/Perusahaan; Larangan Diskriminasi Upah; THR; Sanksi Atas Pelanggarannya.

9.  Jaminan Sosial dan Kesejahteraan
Dasar Hukum, Hak dan Kewajiban Pengusaha/Pekerja; Dana Pensiun/Asuransi; Sanksi Atas Pelanggarannya; dll.

10. Serikat Pekerja, Organisasi Pengusaha, International Labour Organization (ILO), LKS BIPARTIT, LKS TRIPARTIT
Dasar Hukum; Pembentukan; Hak dan Kewajiban SP; Tatacara Pencatatan SP; Hak Pengusaha Membentuk/Menjadi Anggota Organisasi Pengusaha; Prinsip dan Tujuan Berdirinya ILO; Struktur Organisasi ILO; Menfaat Menjadi Anggota ILO; Kewajiban Membentuk LKS Bipartit/Unsur-unsur Anggotanya; Fungsi Lembaga; Sanksi Atas Pelanggarannya; Fungsi dan Keanggotaan LKS Tripartit.

11. Peraturan Perusahaan/PP dan Perjanjian Kerja Bersama/PKB
Kewajiban Perusahaan Memiliki PP/PKB; Materi-materi Pokok; Ketentuan Dasar Dalam Penyusunan; Masa Berlaku; Pendaftaran/Pengesahan; Sanksi Akan Pelanggarannya; Diskusi Pasal-pasal Krusial PP/PKB; dll.

12. Perselisihan Hubungan Industrial
Pengertian; Jenis Perselisihan Hubungan Industrial; Prosedur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial; Peran POLRI Dalam Perselisihan Hubungan Industrial.

13. Mogok Kerja/Penutupan Perusahaan
Tindakan-tindakan Yang Dibenarkan dan Yang Tidak Dibenarkan UU; Sanksi Atas Pelanggarannya.

14. Pelanggaran Disiplin dan Pemutusan Hubungan Kerja
Pengertian PHK; Jenis-jenis PHK; Proses PHK; Larangan PHK; Surat Peringatan; Skorsing; Komponen dan Kompensasi PHK; Sanksi Atas Pelanggarannya; Pengenalan Beberapa Kasus PHK; Prosedur Pemberian Sanksi Atas Pelanggaran Disiplin Oleh Pekerja.

15. Pengawasan Ketenagakerjaan
Dasar Hukum Pengawasan Ketenagakerjaan; Kewajiban Melaporkan Ketenagakerjaan; Yang Berkewajiban Melapor; Yang Wajib Dilaporkan; Sanksi Atas Pelanggarannya; Pengenalan Kasus-kasus; dll.

16. Penyidikan, Ketentuan Pidana dan Sanksi Administratif
Hukum Pemberian Sanksi Perdata/Pidana/Administratif Atas Pelanggaran-pelanggaran Ketentuan Ketenagakerjaan; dll.

Siapa yang harus ikut
Prakktisi HR & IR Senior yang ingin lebih fokus dalam mendalami IR, serta semua pihak yang terkait dengan ketenagakerjaan di Indonesia.

Durasi & Lokasi
Two Days Workshop  ;  09.00 - 16.00 WIB
Lumire Hotel, Jl Senen Raya No. 135, Jakarta Pusat

Investasi
Early Bird Hanya Rp 2.500.000,- / person
Harga Normal = Rp. 3.000.000,-

Special Notes
- Ujian akan dilaksanakan 1 jam sebelum acara berakhir.
- Sertifikat yang diberikan :
  1. Certificate of Attendance
  2. Certified Industrial Relation Professional / CIRP (jika mengikuti ujian & lulus)

Account
Bank Mandiri - Cempaka Mas No.a/c 120-000-475-430-0 a/n - PT. Whitehouse Consulting

Form Pendaftaran
Subject                       :         Certified Industrial Relation Professional
Name                         :
Position                      :
Company                    :
Mobile                        :
Phone & Fax               :
Date of transfer          :

Form pendaftaran setelah diisi harap Fax ke no. 021-8090150 atau E-mail ke whitehouse.consulting@gmail.com

Kami juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan untuk Konsultasi & In House Training
 
INFORMASI & PENDAFTARAN
WhiteHouse Consulting
0821 1259 3099
0818 1146 60
Phone / Fax : 021 - 8090150
E-mail : whitehouse.consulting@gmail.com
website  : http://www.whitehouse-institute.com
Blogspot : http://whitehouse-consulting.blogspot.com

__._,_.___
Recent Activity:
-----------------------------------------------
Special Event "HR Brotherhood" ~ Super BootCamp
5-6 Maret 2011, The Village, Ciawi Bogor
http://diskusi-hrd.com/Training/HR-Brotherhood.htm
--------------------------------
GREAT Supervisor - Effective Rules to Boosting the productivity
http://diskusi-hrd.com/Training/GREAT_Supervisor.htm
--------------------------------

Hadiri workshop !!
"How to be Personnel Professional"
Bagaimana Menjadi Personalia yg Profesional
Hubungi : 08788-1000-100 atau email : Event@HRD-Forum.com
web : www.HRD-Forum.com
-----
Kunjungi Kumpulan Arsip Milis Job Vacancy di :
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
-----
Pasang iklan bisnis anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
-------------------------------------
Agenda Training HRD Forum
www.HRD-Forum.com
http://www.Agenda.HRD-Forum.com/
http://www.Diskusi-HRD.com/
http://trainingseminar.wordpress.com/
http://seminarhr.wordpress.com/
http://hrdforum.wordpress.com/
http://www.DiskusiHRD.wordpress.com/
-----------
Informasikan milis ini ke rekan anda & pengiklan pekerjaan dgn mengirimkan e-mail kosong ke :
Job-Vacancy-subscribe@yahoogroups.com
-----------
BLOG Menarik !!
http://free-toefl-test.blogspot.com/
http://kpi-owner.blogspot.com/
http://hr-expert.blogspot.com/
---------
Ingin test TOEFL gratis ??
http://free-toefl-test.blogspot.com/
---------
Info Kesehatan
http://infokonsultasikesehatan.blogspot.com/
Info Lowongan Kerja
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
Pernak Pernik Kehidupan
http://portalkostkontrakan.blogspot.com/
http://infopembantubabysister.blogspot.com/
http://liputanduniakita.blogspot.com/

Lebih jauh dengan hubungan industrial :
http://infoindustrialrelation.blogspot.com/

Ingin berkenalan dengan Orang-orang HRD se Indonesia?
gabung aja di : Diskusi-HRD@yahoogroups.com
www.HRD-Forum.com
.

__,_._,___

[Job-Vacancy] Training : General Affairs Professional - 28 Mei 2011

 

General Affairs Professional (Batch 52)
Menjadi General Affair yang Cerdas, Efektif & Professional
Investasi Hanya Rp 1.400.000,  Jakarta, 28 Mei 2011


BONUS SUPER !!!
CD Form khusus General Affair yang berisi :
Form  Kupon Makan, Permohonan Uang Makan, Surat Keterangan Poliklinik, Berita Acara Pemusnahan Limbah, Bukti Pengiriman Limbah,  Ijin Laporan Pekerjaan Berbahaya, Laporan Kecelakaan Kerja, Daftar Pengeluaran Toll Parkir, Daftar Nama Nomor Polisi Kendaraan Bermotor, Data Pengeluaran BBM, Permohonan Uang Transport, Pool Car, Transport Manager, Travelling Expenses Report, Berita Acara Kejadian, List Perijinan, Permohonan Peminjaman Uang Mendadak, Surat Keterangan Tidak Masuk Kerja, Surat Pass, Surat Pass Internal, Surat Permohonan Peminjaman Uang dll.
 
Latar Belakang
Dalam menjalankan aktifitasnya, perusahaan membutuhkan pekerjaan operasional yang terampil, cekatan, efektif & efisien serta memuaskan semua pihak. Disnilah peran dari General Affairs yang notabene adalah supporting unit. Semua perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa peran ini. Pekerjaan-pekerjaan yang sangat mendukung kinerja profitability perusahaan ini diantaranya adalah Building Maintenance, Car Maintenance, Insurance, Cleaning Service, Security, Canteen, RPTKA, Perizinan, Outsourcing, ATK, Kurir, Dll.

Dari paparan diatas, terlihat bahwa banyak sekali aktifitas, peran serta & tanggung-jawab dari GA untuk memuaskan semua department di perusahaan. Dalam menjalankan tugas-tugas ini, para praktisi General Affairs dituntut untuk memiliki kemampuan "soft skills" agar memperlancar & mengefektifkan jalannya. Seringkali terjadi berkat "kepiawaian & jam terbang" sang praktisi inilah yang menjadikannya selalu dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya secara sempurna. Hal ini akan menyelamatkan perusahaan baik secara budget, brand image, serta kualitas sumber daya manusia di perusahaan.

Karena itulah Whitehouse Consulting mengadakan workshop dengan tema "General Affairs Profesional" dimana peserta akan masuk lebih dalam lagi untuk menjadi praktisi General Affair yang berkualitas, kompeten & diharapkan oleh perusahaan.

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan :
1. Mampu memahami fungsi dan peran sebagai praktisi General Affair didalam organisasi sesuai dengan visi & misi perusahaan
2. Memiliki pengetahuan tentang job area General Affairs
3. Memiliki kemampuan yang cukup untuk menjalankan & menyelesaikan tugas-tugas di General Affairs
4. Mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara umum atau darurat
5. Memahami, menjalankan & memuaskan semua customer GA dengan efektif & efisien
6. Menjadi profesional dalam bidang General Affair

Outline
- Tugas, Peran Serta & Tanggung Jawab General Affair
- Leadership Management
- Supervisory Skills
- Komunikasi
- Problem Solving & Decision Making
- Manajemen Mutu / Quality
- Struktur Organisasi
- NLP (Neuro Linguistic Programming) & Hypnotheraphy for General Affairs
- Job Area General Affairs
  - 5S / Housekeeping + Safety
  - Outsourcing
  - Telephone Operator
  - Security
  - dll
- KPI untuk General Affair Operation

Siapa yang harus ikut
Praktisi HR, GA, Building/Property Management serta semua orang yang berminat pada bidang GA

Durasi
Satu hari (09.00 - 16.30 WIB)

Lokasi
Salah satu hotel di Jakarta

Investasi
Hanya Rp 1.400.000,- / person
Include : Materi, CD Bonus, Coffebreak 2x, Lunch & Sertifikat

Account
Bank Mandiri - Cempaka Mas No.a/c : 120-000-475-430-0 a/n : PT. Whitehouse Consulting

Form Pendaftaran
Subject                       :       General Affairs Professional
Name                         :
Position                      :
E-mail                        :
Company                    :
Mobile                        :
Phone & Fax               :
Date of transfer          :
 
Form Pendaftaran setelah diisi harap Fax ke no. 021-8090150 atau E-mail ke whitehouse.consulting@gmail.com 

Kami juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan untuk Konsultasi & In House Training
 
INFORMASI & PENDAFTARAN
WhiteHouse Consulting
0821 1259 3099
0818 1146 60

Phone / Fax : 021 - 8090150
E-mail : whitehouse.consulting@gmail.com
website  : http://www.whitehouse-institute.com
Blogspot : http://whitehouse-consulting.blogspot.com

__._,_.___
Recent Activity:
-----------------------------------------------
Special Event "HR Brotherhood" ~ Super BootCamp
5-6 Maret 2011, The Village, Ciawi Bogor
http://diskusi-hrd.com/Training/HR-Brotherhood.htm
--------------------------------
GREAT Supervisor - Effective Rules to Boosting the productivity
http://diskusi-hrd.com/Training/GREAT_Supervisor.htm
--------------------------------

Hadiri workshop !!
"How to be Personnel Professional"
Bagaimana Menjadi Personalia yg Profesional
Hubungi : 08788-1000-100 atau email : Event@HRD-Forum.com
web : www.HRD-Forum.com
-----
Kunjungi Kumpulan Arsip Milis Job Vacancy di :
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
-----
Pasang iklan bisnis anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
-------------------------------------
Agenda Training HRD Forum
www.HRD-Forum.com
http://www.Agenda.HRD-Forum.com/
http://www.Diskusi-HRD.com/
http://trainingseminar.wordpress.com/
http://seminarhr.wordpress.com/
http://hrdforum.wordpress.com/
http://www.DiskusiHRD.wordpress.com/
-----------
Informasikan milis ini ke rekan anda & pengiklan pekerjaan dgn mengirimkan e-mail kosong ke :
Job-Vacancy-subscribe@yahoogroups.com
-----------
BLOG Menarik !!
http://free-toefl-test.blogspot.com/
http://kpi-owner.blogspot.com/
http://hr-expert.blogspot.com/
---------
Ingin test TOEFL gratis ??
http://free-toefl-test.blogspot.com/
---------
Info Kesehatan
http://infokonsultasikesehatan.blogspot.com/
Info Lowongan Kerja
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
Pernak Pernik Kehidupan
http://portalkostkontrakan.blogspot.com/
http://infopembantubabysister.blogspot.com/
http://liputanduniakita.blogspot.com/

Lebih jauh dengan hubungan industrial :
http://infoindustrialrelation.blogspot.com/

Ingin berkenalan dengan Orang-orang HRD se Indonesia?
gabung aja di : Diskusi-HRD@yahoogroups.com
www.HRD-Forum.com
.

__,_._,___

[Job-Vacancy] PAYROLL Administration System | 30-31 Mei 2011*

 

Pelatihan Dua hari

HRIS Integrated Berbasis Excel VBA

PAYROLL Administration System

 

Software Excel adalah software utama yang paling diandalkan oleh Microsoft Office di bidang spread sheet dengan worksheetnya yang sangat powerful. Dengan kemampuan pengolahan data pada sheet yang sangat luas dengan baris mencapai 1.048.576 dan jumlah kolom mencapai 16.384 (XFD), sehingga total seluruhnya mencapai 17.179.869.184 cell, menjadikan Excel sebagai Software yang paling terkenal dan paling banyak di pakai di hampir seluruh belahan dunia.

 

HRD Forum (www.HRD-Forum.com) mengadakan pelatihan Payroll Administration System dengan memakai Software Excel 2007, dengan alasan tersebut diatas, juga karena sifat utama yang melekat pada Excel, yaitu :

1.     Sangat mudah dioperasikan

2.     Sederhana

3.     Softwarenya sangat mudah diperoleh

4.     Fungsi-fungsi Excel terbukti mampu membantu memecahkan pekerjaan rumit.

5.     Mampu mengolah database yang berjumlah besar dengan sangat cepat

6.     Mampu menyajikan laporan yang menarik dan customized

7.     Pekerjaan yang rutin dapat dibuat secara otomatis

 

Oleh karena itu, pengguna yang pernah belajar Excel, meskipun masih dasar sekali, akan dengan cepat dapat memakai Software ini untuk kemudian diterapkan pada pekerjaannya.

 

Dengan dukungan bahasa Visual Basic for Application, dalam software ini sudah disediakan tombol-tombol yang berisi perintah-perintah macro, sehingga pengguna hanya tinggal klik-klik saja pada tombol tersebut, untuk kemudian komputer yang akan melaksanakan seluruh perintah dalam tombol tersebut dan menyajikan laporan ribuan karyawan hanya dalam hitungan detik saja.

 

SYARATNYA MUDAH :

BAWA LAPTOP DENGAN EXCEL 2007/2010

SIAPKAN CONTOH DATAKARYAWAN

BISA MENGGUNAKAN MOUSE...!!

 

Dengan software Excel ini, segala jenis sistem payroll akan dapat dibuat dengan cepat, solusi yang dihasilkan juga sangat komprehensif dan lengkap, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya Puluhan Juta atau bahkan Ratusan Juta untuk memiliki Software PAYROLL yang Powerful seperti ini !!

 

Keunggulan Software PAYROLL ini adalah mampu memproses  dengan cepat :

; 3.000 karyawan hanya kurang dari 5 menit ; 20.000 karyawan hanya kurang dari 30 menit

Laporannya dapat dibuat dalam bentuk hard-copy (dicetak di printer) maupun dalam bentuk soft-copy dengan nama otomatis sehingga dapat dilaporkan via email.

 

Dapatkan Materi Utama Dalam Software Payroll Administration System berbasis Excel ini

Dengan fitur-fitur :

1.     Laporan Gaji, baik yang memiliki banyak cabang maupun hanya 1 cabang saja.

2.     Laporan bulanan PPH21 dan formulir 1721-A1 (perhitungan gross dan net)

3.     Laporan Iuran Jamsostek dengan rincian detail iuran per-karyawan

4.     PerhitunganPHK (Pesangon, Penghargaan Masa Kerja)

5.     Perhitungan THR

6.     Perhitungan Bonus

7.     Proses Laporan Absensi dengan berbagai jenis penanggalan (cut-off)

8.     Laporan Tunjangan Shift (sampai 20 sistem shift kerja)

9.     Perhitungan Uang Makan Dan Uang Transport

10.            Perhitungan Uang Kerajinan (dihubungkan dengan Alpa, Sakit, Ijin, Telat)

11.            Laporan simpanan karyawan

12.            Laporan pinjaman jangka pendek (24 bulan) dan pinjaman jangka panjang (60 bulan) dengan perhitungan bunga flat

            atau bunga progresif

13.            Perhitungan Otomatisasi Lembur baik untuk 5 hari kerja/minggu maupun 6 hari kerja/minggu

14.            Input klaim biaya rawat jalan (medical) dengan plafon gaji/plafon grade

15.            CetakSlip Gaji

16.            Print Kartu Gaji Tahunan (dicetak setiap bulan), dll

 

PENTING !!

1.     Seluruh peserta diwajibkan membawa Laptop dengan Ms.Excel min. versi 2007 karena akan langsung praktek membuat Payroll Administration System (fyi, versi excel 2003 tidak jalan).

2.     Seluruh Materi Pelatihan dalam bentuk Softcopy

 

*10% TEORI : 90% PRAKTEK

 

PENDAHULUAN

 

Pelatihan ini akan mengajarkan kepada anda bagaimana membuat Payroll Administration system yang efektif, efisien, akurat dan tepat guna (model payroll ini telah disesuaikan dengan sistem payroll yang umum berlaku di Indonesia dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda).

 

Akan dikupas tuntas segala permasalahan gaji, segala bentuk tunjangan tetap dan tidak tetap, bagaimana membuat dan menghasilkan laporan gaji bersih dari setiap karyawan, baik secara individual ataupun secara keseluruhan dengan cepat dan tepat dari sejumlah komponen-komponen perhitungan seperti :

Golongan/grade, masa kerja, jabatan, jam kerja, menghitung lembur, beragam jenis potongan (10 jenis potongan), beragam jenis tunjangan (10 jenis tunjangan), jamsostek dan pajak penghasilan (Pph pasal 21), dan lain-lain.

 

Anda secara bertahap akan belajar menggunakan aplikasi Payroll Administration System ini, mulai dari membuat dasar-dasar database, membuat system absensi otomatis, penentuan penanggalan pembayaran, merinci beragam potongan, simpanan dan angsuran karyawan, membuat master gaji, berbagai tunjangan, lembur sampai dengan pembuatan slip gaji, surat bank, voucher dan hal-hal terkait lainnya. Semuanya akan Anda dapatkan secara otomatis, mudah dan CEPAT.

 

Sudah bukan jamannya lagi perusahaan menghitung gaji secara manual, selain lama, tidak efisien juga akan terperangkap oleh human-error. Pekerjaan yang demikian sungguh sangat tidak efektif, boros, ketinggalan jaman dan sangat merugikan Perusahaan. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam waktu 3-5 hari, cukup dikerjakan dalam 1-2 jam saja, sehingga waktu selebihnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang bermanfaat.

 

Workshop ini sangat low cost, workshop ini sangat penting, workshop ini akan membawa perubahan besar dalam sistem payroll di perusahaan anda, karena itu, pastikan Anda hadir dalam workshop ini. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya Puluhan Juta atau Ratusan Juta untuk memiliki Software PAYROLL yang Powerful seperti ini !!

 

OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

1.      Memahami definisi, metode, system kompensasi, penentuan upah, struktur & skala upah

2.      Memahami konsep Payroll Administration System, konfigurasi dan ilustrasi prosesnya.

3.      Memahami komponen gaji (upah), tunjangan tetap, tidak tetap dan iuran wajib.

4.      Memahami cara menghitung jumlah gaji.

5.      Memahami cara input klaim biaya kesehatan (rawat jalan) dan penetapan plafon baik dengan plafon grade/level maupun dengan plafon gaji pokok.

6.      Memahami cara menghitung, input dan laporan pinjaman karyawan baik pinjaman jangka pendek (24 bulan) maupun menghitung dan membuat laporan pinjaman jangka panjang (60 bulan) dengan atau tanpa bunga (bunga flat dan bunga progresif).

7.      Memahami cara menghitung pajak penghasilan (Pph Pasal 21) karyawan.

8.      Memahami cara mencetak slip gaji dan kartu gaji.

9.      Memahami cara mengontrol/cross check gaji secara keseluruhan.

10. Memahami cara menghitung uang receh, khusus gaji yang dibayar cash (tidak transfer bank).

11. Memahami cara menyimpan file gaji transfer dan laporannya.

12. Memahami cara menghitung iuran jamsostek dan menyimpan  file laporannya.

13. Memahami prosedur laporan absensi (sakit, ijin, cuti, alpa, dinas luar dll)

14. Memahami beragam model shift kerja (20 jenis shift kerja).

15. Memahami cara membuat laporan mutasi karyawan (karyawan baru, karyawan keluar, karyawan memasuki akhir masa percobaan, karyawan memasuki masa kerja 1 tahun).

16. Memahami cara menghitung upah lembur untuk perhitungan 5 hari kerja/seminggu maupun 6 hari kerja/seminggu, baik perhitungan secara normatif maupun yang belum normatif.

17. Memahami cara menghitung tunjangan shift.

18. Memahami cara menghitung tunjangan kerajinan/kehadiran yang dikaitkan dengan alpa, sakit, ijin, cuti diluar tanggungan dan jumlah telat.

19. Membuat laporan absensi dengan beragam model penanggalan cut-off, misalnya model

-         Tanggal 1 sampai akhir bulan

-         Tanggal 26 sampai 25

-         Tanggal 21 sampai 20

-         Tanggal 16 sampai 15 dll

20. Mampu melakukan proses penggajian dan membuat laporan-laporan yang diperlukan, baik laporan per-cabang maupun laporan seluruh cabang perusahaan.

 

SYLLABUS

1.    Definisi, Metode & Sistem kompensasi

2.    Faktor-faktor yang mempengaruhi  penentuan upah.

3.    Pedoman penetapan tingkat upah.

4.    Struktur dan skala upah ( Matrix Salary )

5.    Komponen gaji, tunjangan dan iuran wajib.

6.    Menghitung jumlah gaji.

7.    Menghitung upah lembur.

8.    Menghitung pajak penghasilan (Pph Pasal 21) untuk karyawan tetap.

9.    Proses – proses dalam Payroll Administration System.

10.  Tahapan – tahapan penggunaan aplikasi Payroll Administration System, mulai dari :

             - Membuat database,

             - Membuat system absensi otomatis,

             - Penentuan penanggalan pembayaran,

             - Potongan-potongan

             - Simpanan dan angsuran karyawan,

             - Membuat master gaji,

             - Berbagai tunjangan & lembur

             - Pembuatan slip gaji, surat bank, voucher dan hal-hal terkait lainnya.

             - Menghitung Iuran Jamsostek, THR, Pesangon PHK, dll

             - Membuat laporan per individu karyawan

             - Membuat laporan penggajian lengkap

 

BONUS TAMBAHAN

1.     Contoh pembuatan Budget Tahunan HRGA

2.     Ratusan contoh formulir HRD siap pakai

3.     Contoh pembuatan database administrasi HR (data karyawan lengkap dan keluarganya serta record riwayat selama bekerja, misalnya perubahan : status, gaji, tunjangan, jabatan, mutasi dll)

4.     Kalender Kerja Bulanan dan Tahunan dengan pengenalan hari libur nasional selama 1 tahun

5.     Contoh pembuatan Benchmark Job dan diagram Range Salary

6.     Program pengeja angka (terbilang) untuk kuitansi, cek, giro dll

7.     Format Purchase Requisition (PR)

8.     E-book Excel 2007 step by step

9.     E-book Excel 2007 power programming

10.            E-book Excel 2007 formulas (excel magic)

11.            E-book Excel 2007 formulas & function

12.            E-book Excel 2010 all in one for dummies

13.            Office-menu 2010 professional (with excel 2003 menu)

 

INVESTMENT

EARLY BIRD, Lunas dua minggu sebelum tanggal pelaksanaan :Rp. 2.300.000,-,

NORMAL :Rp. 2.850.000,-

 

   *Seluruh Materi Pelatihan dalam bentuk Softcopy

 

TARGET PESERTA :

Staff, Payroll, Supervisor, Manager, Peminat di bidang Payroll, atau Leader yang berkepentingan terhadap proses pembuatan atau menerima hasil dari Payroll Administration System.

 

TANGGAL PELAKSANAAN PELATIHAN :

30-31 MEI 2011

2  Hari : 09.00  s/d 16.00 WIB

dilaksanakan di HOTEL LUMIRE, ATRIUM SENEN, Jl.Senen Raya - Jakarta Pusat

 

Putuskan hari ini !!

daftar sekarang juga!

jangan sampai kehabisan tempat! (peserta dibatasi 20 orang saja).

 

--

No Account :
Bank Mega - Cabang Sunter Justus
No.Rek : 01.080.00.11.555556
a/n HRD Forum

--
BCA - KCP Ahmad Yani - Bekasi
No. Rek : 739 041 0829 
a/n  Bahari Antono
--

Bank Mandiri - KCP Jkt - Cempaka Mas
No. Rek : 120-00-0439485-9 

a/n  Bahari Antono

--
-----------------------------------------------------------------------------
Form Pendaftaran : Payroll Administration System
Tanggal         :
Nama             :
Perusahaan  :
No. Telp        :
No.HP           :
PIN BB          :
Email            :
Transfer tgl   :
----------------------------------------------------------------------------
Putuskan hari ini dengan langsung mendaftar sekarang juga ! jangan sampai kehabisan tempat !
 
Informasi lebih lanjut silakan hubungi kami segera.
 
Terima Kasih & Salam HR,

Rani Kartika
08788-1000-100
08788-1-8888-99
0815 1049 0007
021-70692748
 
Email :
Event@HRD-Forum.com
 
Website :
www.HRD-Forum.com


Our partner Network :
http://www.CreaBA.com 
http://www.HRwebSearch.com 
http://www.Whitehouse-Institute.com
http://www.Informasi-Training.net 
http://www.Manager-Indonesia.NET 
http://www.KlikHRD.com
 
-----
Sudahkah Anda bergabung dengan Mailing-list HRD terbesar di Indonesia?
-----

__._,_.___
Recent Activity:
-----------------------------------------------
Special Event "HR Brotherhood" ~ Super BootCamp
5-6 Maret 2011, The Village, Ciawi Bogor
http://diskusi-hrd.com/Training/HR-Brotherhood.htm
--------------------------------
GREAT Supervisor - Effective Rules to Boosting the productivity
http://diskusi-hrd.com/Training/GREAT_Supervisor.htm
--------------------------------

Hadiri workshop !!
"How to be Personnel Professional"
Bagaimana Menjadi Personalia yg Profesional
Hubungi : 08788-1000-100 atau email : Event@HRD-Forum.com
web : www.HRD-Forum.com
-----
Kunjungi Kumpulan Arsip Milis Job Vacancy di :
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
-----
Pasang iklan bisnis anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
-------------------------------------
Agenda Training HRD Forum
www.HRD-Forum.com
http://www.Agenda.HRD-Forum.com/
http://www.Diskusi-HRD.com/
http://trainingseminar.wordpress.com/
http://seminarhr.wordpress.com/
http://hrdforum.wordpress.com/
http://www.DiskusiHRD.wordpress.com/
-----------
Informasikan milis ini ke rekan anda & pengiklan pekerjaan dgn mengirimkan e-mail kosong ke :
Job-Vacancy-subscribe@yahoogroups.com
-----------
BLOG Menarik !!
http://free-toefl-test.blogspot.com/
http://kpi-owner.blogspot.com/
http://hr-expert.blogspot.com/
---------
Ingin test TOEFL gratis ??
http://free-toefl-test.blogspot.com/
---------
Info Kesehatan
http://infokonsultasikesehatan.blogspot.com/
Info Lowongan Kerja
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
Pernak Pernik Kehidupan
http://portalkostkontrakan.blogspot.com/
http://infopembantubabysister.blogspot.com/
http://liputanduniakita.blogspot.com/

Lebih jauh dengan hubungan industrial :
http://infoindustrialrelation.blogspot.com/

Ingin berkenalan dengan Orang-orang HRD se Indonesia?
gabung aja di : Diskusi-HRD@yahoogroups.com
www.HRD-Forum.com
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

[Job-Vacancy] Certified Salary Structure Specialist (CSSS) | 30-31 Mei 2011*

 

Menyusun Sistem Penggajian, Struktur & Skala Upah serta Insentif & Bonus yang efektif di perusahaan
Certified Salary Structure Specialist (CSSS)
Certified Examination
Pada akhir sesi workshop akan diadakan ujian tertulis untuk menilai kompetensi peserta
Jakarta, 30-31 Mei 2011


Becoming Company Expert, World Class, Professional & Progressive in Compensation & Benefit
Investasi EARLY BIRD Rp. 2.875.000, NORMAL Rp 3.350.000,-

Dapatkan BONUS !!
Software Salary Structure Design & Template
Job Evaluation Calculator (2 Versi)
Software Variable Compensation (Bonus Tahunan) Perusahaan
Software Penyesuaian Upah (HRD Forum Version)
Manual Handbook Job Evaluation
Compensation & Benefit Textbook in pdf & ppt
-----------
Ingin Menjadi AHLI dalam pembuatan Struktur Gaji?
Workshop ini adalah JAWABANNYA !!

Latar Belakang
Praktisi HR dan bisnis owner sudah sejak lama menyadari bahwa biaya remunerasi setiap tahunnya akan selalu bertambah dan tidak akan pernah menurun. Dan tahukah Anda apa yang selama ini menjadi RAHASIA bagi para pebisnis Unggul, dimana RAHASIA ini tidak banyak diketahui oleh para praktisi HR dan pebisnis pada umumnya yaitu bahwa remuneration strategy sangat memegang peranan penting dalam memacu kinerja dan produktivitas seluruh karyawan yang ada dalam perusahaan. Apakah Anda sudah mengetahui RAHASIA itu sebelumnya?
 
Ketahuilah, banyak sekali manfaat dari sistem remunerasi, bahkan banyak pakar yang mengatakan, inilah Jantungnya Bisnis !! SDM unggul Anda akan terbang meninggalkan Anda, dan berpindah ke perusahaan lain, pada saat ada perusahaan kompetitor yang memiliki sistem remunerasi yang lebih baik dari sistem remunerasi di perusahaan Anda !
 
Persaingan bisnis antar sesama perusahaan sejenis sangat ketat sekali, sistem remunerasi yang baik tentu akan mampu mempertahankan karyawan-karyawan UNGGUL di perusahaan Anda agar tidak pindah ke lain hati (perusahaan kompetitor Anda), Hanya perusahaan yang mempunyai sistem remunerasi yang baik dan unggul-lah yang mampu mempertahankan karyawan terbaiknya dan mampu menarik kandidat-kandidat STAR dari luar perusahaan untuk masuk dan bergabung dalam Perusahaan Anda.
 
Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem remunerasi yang baik, adalah kuncinya.
 
Menjawab peluang tersebut, HRD Forum berusaha menjembatani kebutuhan perusahan dalam membuat sebuah sistem remunerasi yang baik dan tepat dengan mengadakan sebuah workshop yang dapat menjawab kebutuhan Anda. Dalam workshop ini, seluruh peserta akan diberikan ketrampilan untuk sanggup merancang struktur gaji & bonus yang efektif bagi perusahaannya.

Tujuan Workshop
Menjadikan Praktisi Compensation Benefit yang kompeten & expert di lingkup Indonesia & Internasional (kelas dunia)

Sasaran
1. Memiliki pemahaman yang cukup mendalam tentang segala aspek dari manajemen penggajian dan imbalan karyawan perusahaan
2. Memahami dan mampu menerapkan sistem penggajian yang sesuai dengan Local Legal & international Standard
3. Memperoleh pemahaman dan mampu membuat Job Evaluasi yang sesuai dengan visi, misi dan budaya perusahaan.
4. Mampu melakukan evaluasi jabatan di setiap fungsinya sesuai dengan format yang umum di industri
5. Mampu mengaplikasikan struktur upah berdasarkan kinerja & kompetensi
6. Memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang dasar-dasar instrument struktur upah
7. Memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang dasar-dasar instrument salary structure (minimum-maksimum, pay range, mid point, jumlah
    kelas, range grade, compa ratio dll)
8. Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian serta melakukannya
9. Mampu menentukan jumlah grading/class yang optimal untuk salary structure di perusahaan
10. Mampu mengaplikasikan salary structure berdasarkan kinerja & kompetensi
11. Mampu melakukan audit penggajian serta trouble shootingnya
12. Mampu membuat & menyusun struktur gaji untuk organisasi yang berbeda dengan tepat & sistematis
12. Mampu membuat simulasi & melakukan eksekusi untuk kenaikan gaji tahunan perusahaan
13. Memahami berbagai metoda & teknik variable compensation/bonus yang berlaku di dunia
14. Mampu melakukan eksekusi & membuat serta mengimplementasikan variable compensation/bonus di perusahaan
15. Mampu membuat & merumuskan Upah Sundulan dalam kasus upah tahunan yang berkutat di UMP/UMR
16. Mampu mensiasati perubahan upah minimum yang terjadi di indonesia
17. Mampu mempersiapkan diri sendiri untuk expert dalam pengambilan keputusan dan penguasaan teknik-teknik kompensasi yang lebih
       tinggi yang digunakan dalam penggajian dan selaras dengan kaidah internasional yang sejalan dengan perusahaan
18. Memperluas jaringan pengetahuan diantara peserta pelatihan

Materi & Agenda
- Manajemen Pengupahan
- Legalisasi Compensation & Benefit, Internasional & Nasional
- Behaviour Strategy
- Compensation Planning
- Job Analysis & Job Evaluation
- Menyusun sendiri Job Evaluation yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  * Job Evaluation sesuai dengan Kepmenakertrans No.49/2004
  * Benchmarking Job Evaluation dengan system yang lain
  * Menyusun Job Value dari Job Evaluation serta membuat degree of factor dari Job Evaluation
  * Membuat Leveling / Grading yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  * Grading sesuai Kepmenakertrans 49/2004
  * Sesuai dengan Karakteristik Umum
  * Membuat Strata, Golongan, Jabatan & Pangkat
- Melakukan Benchmarking & Salary Survey
- Basic Teknik Compensation & Benefit
  * Quantitative Methods (Analisa Kuantitatif)
  * Statistic Calculation (Compa Ratio, Kisaran/Spread, dll)
- Design Salary Structure
  * Basic Concept
  * Tata Kelola & Simulasi
  * Audit
  * Penyesuaian struktur lama ke yang baru
  * Kasus-kasus yang terjadi (Promosi, rotasi, mutasi, demosi, karyawan baru, kinerja, inflasi)
  * Pengupahan berbasis Kompetensi
  * Salary Budgeting (Fiscal Tahunan)
    - Budget Limited
    - Budget Unlimited
  * Case Study & Trouble Shooting Sistem Penggajian
- Variable Compensation
  * Sistem Penggajian berbasis Kinerja (Individual, Group, Company, Executive Incentives, Profit Sharing, Productivity Based Pay,
     Target Based Pay, Sales Force Incentives, etc)
  * Berbagai macam Metode Bonus
  * Case Study
- Tata Kelola & Simulasi Upah Sundulan / penyesuaian upah untuk keperluan perusahaan tiap tahunnya

Siapa yang harus ikut
Direktur, Eksekutif Perusahaan, Praktisi Compensation & Benefit, Praktisi HRD, HR Professional, Praktisi & Pemerhati SDM / HRD, C & B Manager, C & B Officer, Divisi Penggajian & Kesejahteraan, Pemerhati di bidang Compensation & Benefit, Mahasiswa Pasca Sarjana Program SDM, Serikat Pekerja & Serikat Buruh dll.

Durasi : 09.00 – 16.00 WIB
Peserta harap membawa laptop/notebook untuk digunakan di ujian & praktek

Investasi
Early Bird :Rp. 2.875.000,- / peserta (Lunas dua minggu sebelum tanggal pelaksanaan)
Normal     : Rp. 3.350.000,-/peserta

( Biaya termasuk : Materi Training, Sertifikat, Bonus software, Coffe Break & Lunch )
 
Tanggal :
Jakarta, 30-31 Mei 2011

Dapatkan MEGA SUPER BONUS !!
- Software Salary Structure Design
- Software Variable Compensation (Bonus Tahunan) Perusahaan
- Software Upah Sundulan (HRD Forum version)
- Manual Handbook Job Evaluation
- Compensation & Benefit Textbook in pdf & ppt

Special Notes
- Ujian akan dilaksanakan 1 jam sebelum acara berakhir (15.00-16.00)
- Sertifikat yang diberikan :
  1. Certificate of Attendance
  2. Certified Salary Structure Specialist / CSSS (jika mengikuti ujian & lulus)

No Account :
--
Bank Mega - Cabang Sunter Justus
No.Rek : 01.080.00.11.555556
a/n HRD Forum
--
BCA - KCP Ahmad Yani - Bekasi
No. Rek : 739 041 0829 
a/n  Bahari Antono
--

Bank Mandiri - KCP Jkt - Cempaka Mas
No. Rek : 120-00-0439485-9 

a/n  Bahari Antono

 
Informasi & Pendaftaran :
Ms. Rani Kartika

Hotline
08788-1000-100
08788-1888-899
021-70692748
0815 1049 0007
0813-87000-448

Email : hrd.forum@gmail.com
Visit Our Website
http://www.HRD-Forum.com

Our Mailing List
Diskusi-HRD@yahoogroups.com

Agenda Training
http://www.agenda.hrd-forum.com

Formulir Pendaftaran
Subject                         : Certified Salary Structure Specialist (CSSS)
Name                            : 
Company                      : 
Address                        :
Telp.                             : 
Date of transfer              :

Form Pendaftaran setelah diisi harap di kirim via e-mail ke event@hrd-forum.com



LINK PENTING !
http://diskusi-hrd.com/Training/GREAT_Supervisor.htm
http://diskusi-hrd.com/Training/HR-Brotherhood.htm
http://diskusi-hrd.com/Training/edisc.htm
http://diskusi-hrd.com/Training/Performance-Appraisal-KPI.htm

Dimana saya dapat melihat agenda Training HRD Forum ?
www.HRD-Forum.com
http://trainingseminar.wordpress.com/
http://www.Agenda.HRD-Forum.com/
http://seminarhr.wordpress.com/
http://hrdforum.wordpress.com/
http://www.Diskusi-HRD.com/
http://www.DiskusiHRD.wordpress.com/
http://informasitraining.blogspot.com/

Tertarik mengadakan Inhouse Training Program ?
Hubungi kami segera di event@HRD-Forum.com
atau di HOTLINE Kami :
08788-1000-100
08788-1888-899
0815- 1049-0007
021-70692748
0813-87000-448

Ingin belajar, diskusi & berkumpul bersama praktisi HRD seluruh Indonesia ?
bergabunglah dalam mailing list Kami
Diskusi-HRD@yahoogroups.com
dengan mengirimkan email kosong ke :
Diskusi-HRD-subscribe@yahoogroups.com

YM : hrdforum
facebook : http://www.facebook.com/hrdforum

Our Partner Network :
http://www.Informasi-Training.net/
http://www.CreaBA.com/
http://www.HRwebSearch.com/
http://www.Whitehouse-Institute.com/
http://www.Manager-Indonesia.NET/

__._,_.___
Recent Activity:
-----------------------------------------------
Special Event "HR Brotherhood" ~ Super BootCamp
5-6 Maret 2011, The Village, Ciawi Bogor
http://diskusi-hrd.com/Training/HR-Brotherhood.htm
--------------------------------
GREAT Supervisor - Effective Rules to Boosting the productivity
http://diskusi-hrd.com/Training/GREAT_Supervisor.htm
--------------------------------

Hadiri workshop !!
"How to be Personnel Professional"
Bagaimana Menjadi Personalia yg Profesional
Hubungi : 08788-1000-100 atau email : Event@HRD-Forum.com
web : www.HRD-Forum.com
-----
Kunjungi Kumpulan Arsip Milis Job Vacancy di :
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
-----
Pasang iklan bisnis anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
-------------------------------------
Agenda Training HRD Forum
www.HRD-Forum.com
http://www.Agenda.HRD-Forum.com/
http://www.Diskusi-HRD.com/
http://trainingseminar.wordpress.com/
http://seminarhr.wordpress.com/
http://hrdforum.wordpress.com/
http://www.DiskusiHRD.wordpress.com/
-----------
Informasikan milis ini ke rekan anda & pengiklan pekerjaan dgn mengirimkan e-mail kosong ke :
Job-Vacancy-subscribe@yahoogroups.com
-----------
BLOG Menarik !!
http://free-toefl-test.blogspot.com/
http://kpi-owner.blogspot.com/
http://hr-expert.blogspot.com/
---------
Ingin test TOEFL gratis ??
http://free-toefl-test.blogspot.com/
---------
Info Kesehatan
http://infokonsultasikesehatan.blogspot.com/
Info Lowongan Kerja
http://portaljobvacancy.blogspot.com/
Pernak Pernik Kehidupan
http://portalkostkontrakan.blogspot.com/
http://infopembantubabysister.blogspot.com/
http://liputanduniakita.blogspot.com/

Lebih jauh dengan hubungan industrial :
http://infoindustrialrelation.blogspot.com/

Ingin berkenalan dengan Orang-orang HRD se Indonesia?
gabung aja di : Diskusi-HRD@yahoogroups.com
www.HRD-Forum.com
.

__,_._,___
Custom Search